Pendidikan merupakan hal yang sangat menentukan masa depan anak. Namun demikian tidak setiap anak mendapatkan kesempatan mengenyam proses pendidikan tersebut. Hal ini yang dialami oleh sebagian masyarakat di Pabean, Padukuhan Keraton Lor. Ada sebanyak 39 keluarga yang memiliki anak putus sekolah yang dikarenakan pola asuh orang tua yang masih kurang tepat. Dengan demikian peneliti menyusun buku mengenai pola asuh orang tua agar dapat memotivasi anak dalam menempuh pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan buku pedoman pola asuh “Anak Sekolah Bapak Bungah†dapat mengubah mindset orang tua mengenai pentingnya pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 39 warga yang memiliki anak putus sekolah. Proses pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah perubahan pola pikir orang tua tentang pendidikan. Dari 39 sampel yang ada, 75% dengan jumlah 29 orang tua merasa sangat perlu mengubah pola asuh mereka dari Permisif menjadi Demokratis. Dengan demikian penerapan buku pedoman pola asuh “Anak Sekolah Bapak Bungah†dapat mengubah mindset orang tua mengenai pentingnya pendidikan.
Copyrights © 2017