Jurnal Ilmiah Didaktika : Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran
Vol 20, No 1 (2019): Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Agustus 2019

OPTIMALISASI KOMPETENSI GURU DALAM PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mawardi Mawardi (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2019

Abstract

Rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan langkah awal yang harus disusun oleh seorang guru, sebagai pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran. Dengan adanya RPP diharapkan, pembelajaran yang dilaksanakan guru dapat berjalan dengan tepat dan benar untuk pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Penelitian ini mengungkap lebih lanjut mengenai bagaimana kompetensi guru, khususnya guru Madrasah Ibtidaiyah, dalam menyusun RPP, serta faktor pendukung dan kendala guru dalam penyusunan RPP. Hasil penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Kota Sabang menunjukkan bahwa, kompetensi guru dalam menyusun RPP masih rendah, sebagai akibat dari kurangnya pengetahuan guru tentang penyusunan RPP, yang disebabkan kurang mendapat bimbingan dan pelatihan dari instansi terkait, termasuk juga organisasi non pemerintah lainnya. Sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013, para guru dituntut menyusun RPP, sehingga mereka mengambil jalan pintas dengan mengambil di internet dan membeli RPP yang sudah jadi, untuk kemudian disesuaikan dengan pelajaran yang menjadi tanggung jawabnya. Untuk itu, maka perlu kiranya pihak terkait khususnya, untuk meningkatkan kompetensi guru dalam penyusunan RPP.    

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Didaktika is a nationally and internationally peer reviewed general education journal open for teachers, educators and education researchers from the field of general education and related researches. We welcome all contributions that enhance and illuminate the discussion on education. ...