Jurnal Ilmiah Didaktika : Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran
Vol 20, No 1 (2019): Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Agustus 2019

ANALISIS KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MATEMATIKA BERSERTIFIKAT PENDIDIK PADA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) DI KABUPATEN ACEH BARAT

Hafriani Hafriani (Pendidikan Matematika FTK UIN Ar-Raniry)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2019

Abstract

Sertifikasiguru merupakan proses pemberian sertifikatpendidik kepada guru.Sertifikatpendidikdiberikankepadaguruyang telahmemenuhistandar profesi dan kompetensi guru. Kompetensiguru merupakan seperangkat kemampuanyang harusada dalamdiriguruagardapatmewujudkankinerjanya secaratepat  dan  efektif. Kompetensi  tersebut  meliputi  kompetensi  pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial.Berdasarkan wawancara dengan kepala Dinas Pendidikan Meulaboh diperoleh keterangan bahwa guru kurang aktif dalam kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) dan dalam berinteraksi dengan orang tua peserta didik. Adanya sertifikasi diharapkan kinerja guru akan menjadi lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sertifikasi terhadap kinerja guru. MIN di Kabupaten Aceh Barat. Subjekdalampenelitianiniberjumlah14 orang guru dari 7 Madrasah Ibtidaiyah Negeri.Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif.Teknikpengumpulan data menggunakanLembar observasi kemampuan guru mengajardan angkettertutupdengan skalalikert4, yang dianalisis dengan menggunaan kriteria yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada saat dilakukan pembelajaran pada materi dengan model pembelajaran kooperatif berada pada kategori tidak baik hanya satu guru yang berada pada kategori baik yaitu 89,47% dan Respon siswa terhadap penerapan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif positif. Berdasarkan   hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa guru yang sudah mendapat sertifikasi tidak semuanya aktif dan profesional dalam mengelola pembelajaran. Disarankan kepada guru bersertifikat pendidik agar selalu meningkatkan kinerjanya dengan berlandaskan pada kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial, sehingga terciptalah keseimbangan antara hak dan kewajibannya.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Didaktika is a nationally and internationally peer reviewed general education journal open for teachers, educators and education researchers from the field of general education and related researches. We welcome all contributions that enhance and illuminate the discussion on education. ...