Dinamika
Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Dinamika

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DENGAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN SEBAGAI VARIABEL MODERASI ( STUDI KASUS PADA ORGANISASI PERANGKAT DAERAH KABUPATEN MERANGIN, JAMBI)

Sri Wineh (Fakultas Ekonomi Universitas Muara Bungo, Jambi)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2021

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui Faktor yang mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan dengan Sistem Pengendalian Intern sebagai Variabel Moderasi pada Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Merangin, Jambi. Metode penelitian ini metode penelitian kuantitatif, karena penelitian ini  disajikan dengan angka-angka. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara dan penyebaran kuesioner. Pada penelitian ini populasi adalah Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Merangin yang berjumlah 26 OPD terdiri dari 21 dinas dan 5 badan. peneliti mengambil sampel sebanyak 104 orang pada 26 OPD terdiri dari 21 dinas dan 5 badan dengan teknik Purposive sampling dimana setiap OPD diambil 4 orang berdasarkan jabatannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa, uji parsial variabel Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) (X1) didapatkan nilai thitung (3.338) ttabel (1, 984), Sumber Daya Manusia (SDM) (X2) nilai thitung (-0.491) ttabel (1,998) Pemanfaatan Teknologi Informasi (X3) nilai thitung (2.377) ttabel (1,984), Sistem Akuntansi Keuangan Daerah (X4) nilai thitung (2.130) ttabel (1,984),  hasil  uji secara simultan diperoleh nilai Fhitung adalah 51.940 lebih besar dari Ftabel sebesar 2.460. Sistem Pengendalian Intern dapat memoderasi hubungan antara Sistem Akuntansi Keuangan Daerah dengan Kualitas Laporan Keuangan OPD di Kabupaten Merangin.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

dinamika

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal DINAMIKA is intended to be the journal for publishing articles reporting the results of research on economics. Jurnal DINAMIKA invites manuscripts in the various topics include, but not limited to, functional areas of Business studies, ethics; Education issues, entrepreneurship, electronic ...