Penguasaan software untuk solusi bisnis pada era digital ini untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak adalah suatu syarat mutlak harus dikuasai oleh setiap siswa. Karena lulusan SMK sudah diproyeksikan saat lulus nanti sudah bisa mengerjakan proyek perangkat lunak nantinya. Namun kenyataannya masih banyak lulusan kejuruan yang masih belum bisa optimal terjun dalam proyek perangkat lunak untuk tujuan pembuatan software dalam pemecahan solusi untuk bisnis dikarenakan kurang match antara materi praktis yang diberikan di sekolah dengan kebutuhan Dunia Usaha (DU/DI). Dengan melihat latar belakang tersebut Dinas Pendidikan Wilayah 1 Kabupaten Bogor mengadakan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK IT Software Solution For Business untuk tingkat SMK. Tujuan dari lomba Kompetensi pada siswanya supaya bisa bersaing dalam penguasaan software dalam solusi untuk bisnis. Metode pembelajaran atau modul pembelajaran yang diberikan kurang menyesuaikan pada kebutuhan industri, untuk itu perlu adanya metode dalam menganalisis proyeksi cakupan pembelajaran dikelas dengan kebutuhan pada dunia kerja yang ada pada sekolah SMK Jurusan RPL. Penilain praktis kompetensi siswa ini menggunakan taksonomi pembelajaran Bloom, PEST, Ward Peppard, SWOT dan CSF sehingga menghasilkan suatu konsep perancangan materi praktis dan tool pendukung untuk pembelajaran pada institusi sekolah sehingga siswa jurusan RPL sehingga mempunyai keahlian di bidang Teknologi Informasi.
Copyrights © 2021