Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 3 No 2 (2020): Charity - Jurnal Pengabdian Masyarakat

Pengukuran Customer Satisfaction Index Implementasi Mobile Version Portal Wisata Garut

Anisa Herdiani (Telkom University)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2020

Abstract

Kabupaten Garut merupakan daerah dengan berbagai destinasi wisata yang menarik dikunjungi wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Hingga saat ini Dinas Pariwisata Kabupaten Garut telah memiliki portal wisata berbasis web yang dikembangkan bersama dengan Universitas Telkom. Portal wisata tersebut mengakomodasi informasi tempat pariwisata, tempat menginap, produk atau layanan jasa yang ditawarkan, serta fitur informasi wisata halal yang tentunya sangat penting diketahui oleh wisatawan muslim. Portal wisata kemudian perlu dikembangkan lebih lanjut agar dapat lebih mudah dijangkau oleh calon wisatawan yang mengakses informasi melalui perangkat mobile. Portal versi mobile dikembangkan dengan teknologi PWA (Progressive Web Application) sehingga user dapat merasakan experience penggunaan aplikasi mobile tanpa perlu mengunduh aplikasi untuk mengakses informasi yang ada di dalam portal wisata. Untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna informasi terhadap portal wisata yang sudah dibangun, dilakukan evaluasi yang menghasilkan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil evaluasi menunjukkan CSI yang dicapai oleh portal yang sudah dibangun yaitu sebesar 90,5% dengan interpretasi Sangat Baik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

charity

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Social Sciences

Description

Journal of Charity is one of the scientific publication journals published by the Directorate of Research and Community Service (PPM), Telkom University. The aim of Charity is to build effective communication channels between stakeholders including academics and research institutions, the business ...