Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia
Vol 2, No 2 (2014): Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia

Korelasi Antara Keterampilan Proses Sains Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Praktikum Sifat Koligatif Larutan

Najmah Najmah (IKIP Mataram)
Khaeruman Khaeruman (IKIP Mataram)
Yusran Khery (IKIP Mataram)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2014

Abstract

Praktikum yang dilakukan sejauh ini memang sudah memiliki keterampilan proses sains untuk dinilai. Namun, penilaian yang dilakukan belum maksimal. Mahasiswa masih sangat bergantung pada koordinator praktikum, sehingga keterampilan proses sains yang dimiliki mahasiswa tidak berkembang. Pada hakikatnya keterampilan proses sains tersebut dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada korelasi antara keterampilan proses sains dengan hasil belajar mahasiswa pada praktikum sifat koligatif larutan. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kampus IKIP Mataram. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa semester genap program studi pendidikan kimia, matematika dan biologi yang berjumlah 138 orang yang memprogramkan mata kuliah kimia dasar II Tahun Pelajaran 2013/2014. . Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar observasi keterampilan proses sains dan Lembar soal tes hasil belajar. Teknik analisa data untuk menghitung koefisen korelasi keterampilan proses sains dengan hasil belajar digunakanĀ  rumus pearson korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan proses sains mahasiswa dalam praktikum sifat koligatif larutan memiliki korelasi positif dengan hasil belajar. Hal ini ditunjukkan oleh r sebesar 0,2897 menurut korelasi pearson product moment dan rĀ 0,1676 dengan taraf signifikan 5%.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

hydrogen

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Hydrogen: The Chemistry Education Journal published by the Chemistry Education Study Program which contains articles raised from the results of conceptual research and studies in chemistry and chemistry education including education and learning, device development, media and learning ...