Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis
Vol. 12 No. 1 (2015)

ANALISIS PENGARUH MOTIVASI, KEMAMPUAN, DAN PELAKSANAAN STRATEGI SDM TERHADAP KINERJA DOSEN SERTA IMPLIKASINYA PADAKUALITAS LULUSAN (Survey pada PTS di Provinsi Riau)

jenita jenita (Akademi Keuangan dan Perbankan Riau (AKBAR))



Article Info

Publish Date
26 Mar 2018

Abstract

Abstrak: Analisis Pengaruh Motivasi, Kemampuan dan Pelaksanaan Strategi SDMterhadap Kinerja Dosen serta Implikasinya pada Kualitas Lulusan (Survey padaPerguruan Tinggi Swasta di Provinsi Riau.Tujuan penelitian ini untuk mengetahuidan memperoleh bukti secara emperis mengenai pengaruh motivasi, kemampuan danpelaksanaan strategi SDM terhadap kinerja dosen serta implikasinya pada kualitaslulusan di Perguruan Tinggi Swasta Provinsi Riau.Secara teoritis motivasi yang dimiliki dosen, kemampuan dosen, pelaksanaanstrategi yang diterapkan di masing-masing perguruan tinggi merupakan kebijakanyang diterapkan guna mencapai tujuan institusi mempengaruhi kinerja dosen yangakan memberikan pengaruh terhadap kualitas lulusan. Penelitian ini ingin menjawabapakah hal tersebut juga berlaku untuk konteks dosen PTS di Riau.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif danverifikatif. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah Propotional ClusterRandom Sampling, jumlah sampel minimum ditentukan dengan rumus yangkembangkan oleh Isaac and Michael, dengan populasi sebanyak 1.866 Dosen Tetapdiperoleh jumlah sampel sebanyak 236 responden. Alat analisis yang digunakanadalah analisis jalur (Path Analysis).Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1)kondisi kemampuan, pelaksanaan strategi SDM, kinerja dosen dan kualitas lulusanrata-rata dalam kategori tinggi, kecuali motivasi dalam kategori sangat tinggi.Keeratan hubungan di antara variabel-variabel bebas dalam kategori sedang; 2)terdapat pengaruh yang posistif dan signifikan dari semua variable bebas terhadapkinerja dosen sebesar 74, 60 persen; 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikandari variabel kinerja dosen terhadap kualitas lulusan sebesar 82, 90 persen.Kesimpulan yang diambil adalah untuk meningkatkan kinerja dosendibutuhkan kemampuan dosen dalam memecahkan masalah secara kompleks, perluditingkatkan kemampuan dosen dalam penguasaan materi pengajaran danpeningkatan kemampuan dalam mengevaluasi pelaksanaan program pelatihan yangdilaksanakan untuk pengembangan kemampuan dosen. Penelitian ini jugamenemukan bahwa peningkatan kualitas lulusan dipengaruhi oleh kemampuan dosendalam mengembangkan media pembelajaran, sehingga lulusan dapat dengan mudahberadaptasi dengan lingkungan sesuai bidang keilmuannya.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JIEB

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis invites academics and researchers who do original research in the fields of economics, management and accounting, including but not limited to: Development Economics Monetary Economics, Finance and Banking International Economics Public Economics Economic development ...