Integrated Science Education Journal
Vol 1 No 1 (2020): January

Karakter Toleransi Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di-SMPN 3 Muaro Jambi

Faradilah Maulina Razak (SMPN 3 Muaro Jambi)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2020

Abstract

Tujuan penelitian: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Karakter Toleransi Siswa dalam Ilmu Pengetahuan Alam di SMPN 3 Muaro Jambi berdasarkan Indikator Peduli, Ketidaktahuan, Saling Menghargai satu sama lain, dan Menghargai perbedaan yang lain Metodologi: Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang menggunakan desain penelitian adalah penelitian survei menggunakan instrumen kuesioner. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 226 siswa dari SMP Negeri 3 Muaro Jambi. Temuan Utama: Hasil yang diperoleh berdasarkan indikator Perawatan menunjukkan hasil persentase 45,6% dengan kategori baik dan 38,9% kategori sangat baik. Dalam indikator menghargai perbedaan pada orang lain, persentasenya adalah 47,3% dalam kategori baik dan 32,7% dalam kategori sangat baik. indikator ketidaktahuan dengan persentase 51,8% dalam kategori baik dan 14,6% sangat baik. Selanjutnya, indikator menghargai perbedaan orang lain dengan persentase 35,8% dalam kategori sangat baik dan 34,5% dalam kategori baik. Aplikasi penelitian ini: Penelitian ini dapat bermanfaat bagi peneliti sebagai bahan review dalam penelitian lain. Penelitian ini akan bermanfaat bagi SMPN 3 muaro jambi sebagai evaluasi dalam melihat karakter toleransi siswa Kebaruan penelitian ini: Pembaruan studi ini ditemukan dalam indikator yang digunakan. Dimana peneliti ingin melihat indikator yang digunakan berdasarkan aspek toleransi itu sendiri apakah siswa di SMP 3 Muaro Jambi memiliki kategori sangat baik, baik, cukup, tidak baik, dan tidak terlalu baik

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ISEJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Covers all the Integrated Science Education Journal (ISEJ) at the level of primary, secondary, senior, and higher education. The goal of this journal is to bring together researchers and practitioners from academia and industry to focus on Educational advancements and establishing new collaborations ...