Integrated Science Education Journal
Vol 1 No 2 (2020): May

Analisis Sikap Siswa pada Pembelajaran IPA di SDN 124/VIII Sidorejo Kabupaten Tebo

Paino Paino (SDN 124/VIII Sidorejo)
Wisnu Desmawan (SDN 124/VIII Sidorejo)



Article Info

Publish Date
31 May 2020

Abstract

Tujuan penelitian: Sikap merupakan salah satu instrumen penting yang harus dimiliki oleh seorang siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui siskap siswa SDN 124/VIII Sidorejo pada pembelajaran IPA. Metodologi: Penelitian ini mengunakan jenis penelitian kuantitatif jenis survey dengan teknik pengambilan data berupa angket dan wawancara yang diolah menggunakan SPSS 21 dengan teknik statistik deskriptif. Temuan utama: Hasil temuan penelitian ini yaitu dari 125 siswa yang kemudian hasilnya di olah dan dimasukkan ke dalam 5 kategori, sikap IPA siswa di SDN 124/VIII Sidorejo terdapat kecenderungan atau lebih dominan ke dalam kategori baik dengan persentase sebesar 50%. Sedangkan pada kategori sangat baik sebesar 10%, pada kategori cukup baik sebesar 25%, kategori tidak baik sebesar 10% dan kategori sangat tidak baik sebesar 5%. Keterbaruan penelitian: Keterbaruan dalam penelitian ini yaitu untuk menganaslisi sikap IPA siswa dengan indikator implikasi sosial IPA di SDN 124/VIII Sidorejo.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ISEJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Covers all the Integrated Science Education Journal (ISEJ) at the level of primary, secondary, senior, and higher education. The goal of this journal is to bring together researchers and practitioners from academia and industry to focus on Educational advancements and establishing new collaborations ...