Tujuan penelitian: Sikap merupakan salah satu instrumen penting yang harus dimiliki oleh seorang siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui siskap siswa SDN 124/VIII Sidorejo pada pembelajaran IPA. Metodologi: Penelitian ini mengunakan jenis penelitian kuantitatif jenis survey dengan teknik pengambilan data berupa angket dan wawancara yang diolah menggunakan SPSS 21 dengan teknik statistik deskriptif. Temuan utama: Hasil temuan penelitian ini yaitu dari 125 siswa yang kemudian hasilnya di olah dan dimasukkan ke dalam 5 kategori, sikap IPA siswa di SDN 124/VIII Sidorejo terdapat kecenderungan atau lebih dominan ke dalam kategori baik dengan persentase sebesar 50%. Sedangkan pada kategori sangat baik sebesar 10%, pada kategori cukup baik sebesar 25%, kategori tidak baik sebesar 10% dan kategori sangat tidak baik sebesar 5%. Keterbaruan penelitian: Keterbaruan dalam penelitian ini yaitu untuk menganaslisi sikap IPA siswa dengan indikator implikasi sosial IPA di SDN 124/VIII Sidorejo.
Copyrights © 2020