Among Makarti
Vol 10, No 1 (2017): AMONG MAKARTI

KAJIAN EMPIRIS ENTREPRENEURIAL INTENTION MAHASISWA STIE AMA SALATIGA

Yanuar Surya Putra (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMA Salatiga)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2017

Abstract

AbstrakTheory of Planned Behavior menyatakan bahwa niat seseorang untuk melakukan suatu perilaku, niat merupakan variabel antara yang menyebabkan ter­jadinya perilaku dari suatu sikap maupun variabel lainnya (Ajzen, 1991). Niat merupakan mediator pengaruh berbagai faktor-faktor motivasional yang berdampak pada suatu perilaku.. Penggunaan teori perilaku tidak dapat dipisahkan dari aspek motivasi berwirausaha atau entrepreneurial intention, artinya kewirausahaan dapat dipelajari dan dikuasai, dan kewirausahaan dapat menjadi pilihan kerja dan pilihan karir bagi lulusan perguruan tinggi, apabila memang dalam diri mahasiswa ada niat dan motivasi untuk menjadi seorang entrepreneur. Adapun tujuan penelitian untuk menguji pengaruh kebutuhan berprestasi (neef for achievement), normal subyektif (subjective norm), efikasi diri (self-efficacy) dan ter­hadap niat berwirausaha (entrepreneurial intention) mahasiswa, selain itu juga untuk menganalisis per­bedaan gender, dan latar belakang keluarga terhadap level entrepreneurial intention mahasiswa STIE AMA Salatiga. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa STIE AMA Salatiga  yang berjumlah 921 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel dengan kriteria atau syarat tertentu (Sugiyono, 2008).Penentuan jumlah responden yang akan dibagikan adalah 30 orang didasarkan pada mahasiswa yang pada semester gasal 2016/2017 sudah atau sedang mengambil mata kuliah kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu regresi berganda dengan uji nilai selisih mutlak. Dari hasil uji selisih nilai mutlak dapat disimpulkan bahwa variabel demografi hanya menjadi moderator bagi variabel need of achievement saja, sedangkan bagi variabel subjective norms dan self efficacy faktor demografi bukan sebagai variabel moderasi. Kesimpulan akhir penelitian ini dapat dikatakan bahwa faktor demografi adalah variabel quasi moderator bukan variabel moderator murni karena faktor demografi hanya berhubungan dengan satu predictor saja yaitu need of achievement. Minat berwirausaha dari mahasiswa STIE AMA Salatiga dipengaruhi oleh tiga variabel yaitu need of achievement, subjective norms dan self efficacy, sedangkan faktor demografi bukan sebagai variabel moderasi yang memperkuat atau memperlemah minat berwirausaha.  Kata Kunci: Theory of Planned Behaviour, Entrepreneurial Intention

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ama

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Among Makarti adalah jurnal ilmiah bertujuan untuk berbagi pengetahuan dan isu – isu terkini terkait dengan penelitian dibidang ekonomi dan bisnis. Secara khusus cakupan jurnal Among Makarti adalah : a. Di bidang bisnis, kami menerima artikel ilmiah dengan ruang lingkup sebagai berikut: 1. ...