Among Makarti
Vol 10, No 2 (2017): AMONG MAKARTI

PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Perusahaan Automotive and Allied Products di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2010 – 2015)

Astohar Astohar (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMA Salatiga)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2018

Abstract

AbstrakModel bertingkat atau structural faktor – faktor yang mempengaruhi nilai pelanggan yang dipengaruhi oleh ukuran perusahaan (size) dan profitabilitas (return on asset) secara langsung ataupun melalui struktur modal (debt to equity ratio). Obyek penelitian yang dipilih adalah pada perusahaan automotive dan allied products pada Bursa Efek Indonesia pada periode 2010 sampai dengan 2015. Pemilihan obyek pada perusahaan automotive di Bursa Efek Indonesia atas pertimbangan bahwa pada perusahaan automotive dan allied products tersebut perkembangan nilai perusahaan yang diproksi dengan price book to value yang lebih fluktuatif dibandingkan dengan sektor yang lainnya. Besar sampel yang dibutuhkan untuk penelitian ini adalah sebanyak 18 perusahaan yang secara berturut – turut masuk dalam Perusahaan automotive selama enam tahun berturut – turut dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive non random sampling.Alat analisis yang digunakan adalah uji persamaan regresi dengan model double regresi, yaitu pertama adalah pengaruh ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap struktur modal. Model regresi kedua adalah pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas dan struktur modal terhadap nilai perusahaan. Untuk memberikan hasil yang lebih baik sebelum dilakukan pengujian regresi data dilakukan pengujian normalitas, penyimpangan asumsi klasik, uji fit data dan pengujian hipotesis serta koefisien determinasi. Hasil penelelitian menunjukkan bahwa struktur modal (debt to equity ratio), ukuran perusahaan (size)  dan  profitabilitas (return on aset) terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan (price book to value). Ukuran perusahaan (size) juga terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap struktur modal (debt to equity ratio). Profitabilitas (return on asset) tidak terbukti mempunyai pengaruh yang signifikan terahadap struktur modal  Kata Kunci : ukuran perusahaan, profitabilitas, struktur modal dan nilai perusahaan

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ama

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Among Makarti adalah jurnal ilmiah bertujuan untuk berbagi pengetahuan dan isu – isu terkini terkait dengan penelitian dibidang ekonomi dan bisnis. Secara khusus cakupan jurnal Among Makarti adalah : a. Di bidang bisnis, kami menerima artikel ilmiah dengan ruang lingkup sebagai berikut: 1. ...