Among Makarti
Vol 13, No 1 (2020): AMONG MAKARTI

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP PRODUKTIVITAS AGEN PT. (PERSERO) ASURANSI: PERAN MOTIVASI KERJA

Mulyadi Mulyadi (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMA Salatiga)
Sih Minarsih Hartati (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Siswo Haryono (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2020

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh gaya kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap motivasi kerja serta implikasinya pada produktivitas Agen PT (Persero) Asuransi Jiwasraya Wilayah Sumatera Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan survei. Penelitian ini dimaksudkan untuk membangun suatu gambaran sesungguhnya terhadap suatu fenomena yang berada dalam konteks penelitiannya. Dengan penelitian deskriptif ini akan dikumpulkan berbagai informasi dalam rangka pengujian hipotesis atau menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menyangkut masalah penelitian. Model analisis menggunakan analisis SEM (Structural Equation Model). Penelitian dilaksanakan di Agen PT (Persero) Asuransi Jiwasraya Wilayah Sumatera Selatan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh gaya kepemimpinan terhadap motivasi kerja, (2) terdapat pengaruh budaya organisasi terhadap motivasi kerja, (3) terdapat pengaruh gaya kepemimpinan terhadap produktivitas, (4) tidak terdapat pengaruh budaya organisasi terhadap produktivitas, (5) terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap produktivitas. Dalam penelitian ini disimpulkan juga bahwa budaya organisasi dapat mempengaruhi produktivitas dengan melalui motivasi kerja. Dengan demikian motivasi kerja merupakan variabel intervening yang baik untuk variabel budaya organisasi dalam mempengaruhi produktivitas.Kata kunci : Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Motivasi Kerja, Produktivitas

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ama

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Among Makarti adalah jurnal ilmiah bertujuan untuk berbagi pengetahuan dan isu – isu terkini terkait dengan penelitian dibidang ekonomi dan bisnis. Secara khusus cakupan jurnal Among Makarti adalah : a. Di bidang bisnis, kami menerima artikel ilmiah dengan ruang lingkup sebagai berikut: 1. ...