Jurnal Linguistik Terapan
Vol 4 No 2 (2014)

Pengaruh Strategi Pembelajaran (Stad Vs Konvesional) Dan Modalitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Vocabulary Dalam Berbicara Bahasa Inggris

Mudofir, Imam (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) perbedaan hasil belajar vocabulary dalam berbicara Bahasa Inggris antara mahasiswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan strategi pembelajaran konvensional, (2) perbedaan hasil belajar Bahasa Inggris mahasiswa yang mempunyai modalitas belajar berbeda (visual, auditory, dan kinestetik) memperoleh hasil belajar vocabulary dalam berbicara Bahasa Inggris berbeda, dan (3) pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan modalitas belajar (visual, auditory, kinestetik) terhadap hasil belajar vocabulary dalam berbicara Bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Teknik Elektronika, Politeknik Negeri Malang semester II tahun akademik 2012-2013, yang terdiri dari 44 mahasiswa kelas eksperimen dan 44 mahasiswa kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan strategi penelitian yang dirancang dengan menggunakan desain penelitian eksperimental semu (quasi experiment) dengan model rancangan yang digunakan adalah Nonequavalent Pretest-Postest Control Group Design. Hasil penelitian sebagai berikut. (1) ada perbedaan hasil belajar berbicara Bahasa Inggris antara kelompok mahasiswa yang belajar dengan strategi pembelajaran STAD (PKs) dengan kelompok mahasiswa yang belajar dengan strategi pembelajaran konvensional (PKv) (F = 13.022, p = 0.000), (2) ada perbedaan hasil belajar berbicara bahasa Inggris antara kelompok mahasiswa yang memiliki modalitas belajar berbeda (MB) (F = 68.344, p = 0.000), dan (3) tidak ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran STAD dan konvensional dan modalitas belajar (visual, auditory dan kinesthetik) terhadap hasil belajar berbicara Bahasa Inggris (F = 0.783, p = 0.499).

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jlt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Linguistik Terapan (JLT) terbit dua kali dalam setahun pada bulan Mei dan November yang berisi artikel ilmiah hasil penelitian atau kajian dalam bidang pengajaran bahasa, pembelajaran bahasa, pemerolehan bahasa, sosiolinguistik, psikolinguistik, penerjemahan, analisis wacana, pragmatik, ...