Aksioma
Vol. 3 No. 2 (2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DI KELAS VII SMPN 9 PALU

I Ketut Eva Yansen (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2014

Abstract

Abstrak: Masalah pada penelitian ini adalah siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal pertidaksamaan linear satu variabel. Hal ini disebabkan antara lain siswa kurang terlibat aktif baik untuk menanyakan hal-hal yang belum dimengerti ataupun menjawab pertanyaan dari guru, kebanyakkan siswa segan atau malu-malu bertanya pada guru, mereka cenderung lebih senang bertanya pada temannya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together yang dapat meningkat­kan hasil belajar siswa kelas VIIA SMPN 9 Palu pada pertidaksamaan linear satu variabel. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, maka peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam proses pembelajaran. Adapun fase-fase pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, yaitu (1) menyampaika­n­ tujuan dan memotivasi siswa, (2) menyajikan informasi, (3) penomoran, (4)­­ mengajukan pertanyaan/permasalahan, (5) berpikir bersama, (6) menjawab (evaluasi), dan (7) memberikan penghargaan. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together; Hasil Belajar; Pertidaksamaan Linear Satu Variabel.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jax

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Aksioma is provided for writers, teachers, students, professors, and researchers, who will publish their research reports or their literature review articles about mathematics education and its instructional. This journal publishes two times a year, in March and September. Aksioma encompasses ...