Aksioma
Vol. 3 No. 2 (2014)

IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP SOAL CERITA TENTANG HIMPUNAN

Muhammad Subryanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2014

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang implementasi pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa terhadap soal cerita tentang himpunan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yakni perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan (PMR) yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi soal cerita tentang himpunan adalah dengan mengikuti langkah-langkah pendekatan PMR yaitu: (1) memahami masalah kontekstual, (2) menyelesaikan masalah, (3) mem­bandingkan dan mendiskusikan jawaban, dan (4) menarik kesimpulan. Kata kunci: Pembelajaran Matematika Realistik; Pemahaman; Soal Cerita; Himpunan

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jax

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Aksioma is provided for writers, teachers, students, professors, and researchers, who will publish their research reports or their literature review articles about mathematics education and its instructional. This journal publishes two times a year, in March and September. Aksioma encompasses ...