Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda
Vol. 2 No. 2 (2016): Jurnal Ilmiah Keperawatan IMELDA

ISOLASI SENYAWA STEROID DARI TANAMAN GYNURA PSEUDOCHINA (LOUR) DC DAN UJI AKTIVITAS ANALGETIKA TERHADAP MENCIT JANTAN (MUS MUSCULUS)

Roby Gultom (Dosen Prodi S1Farmasi STIKes Imelda)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2019

Abstract

Telah dilakukan isolasi senyawa metabolit sekunder dari fraksi nonpolar ekstrak metanol tanaman Gynura pseudochina (Lour) DC. Ekstraksi dilakukan dengan metode maserasi. Pemisahan dan pemurnian senyawa hasil isolasi dilakukan dengan kromatografi kolom. Senyawa isolasi berupa padatan bewarna putih dengan titik leleh 123oC-125oC. Struktur dari senyawa hasil isolasi ditentukan berdasarkan data spektroskopi meliputi IR, 13C-NMR,1H-NMR, HSQC, HMBC dan COSY. Berdasarkan analisa data spektrum, senyawa hasil isolasi merupakan campuran dua senyawa steroid, dimana senyawa stigmast-5-en-3-ol atau dikenal dengan nama lain β-sitosterol merupakan senyawa mayor. Senyawa hasil isolasi selanjutnya diuji aktivitas analgetikanya pada mencit jantan dengan metode geliat dengan asam asetat 1% sebagai pemberi rasa nyeri. Hasilnya, senyawa memiliki aktivitas menekan rasa nyeri untuk dosis 2 mg/20g BB sebesar 56,2 % dan dosis 4 mg/20 g BB sebesar 67 %. Aktivitas analgetika dari kedua dosis ini di bawah aktivitas aspirin.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JURNALKEPERAWATAN

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda dikelola oleh Program Studi S1/DIII Keperawatan STIKes IMELDA, terbit 2 kali dalam setahun. Jurnal ini terbit dalam versi cetak pertama sekali pada bulan Februari 2015, sedangkan untuk media terbitan versi elektronik pertama sekali terbit di Bulan September 2017, dan ...