MetaBio : Jurnal Pendidikan
Vol. 1 No. 2 (2019): Oktober 2019

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 1 PANOMBEIAN PANEI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Siboro, Thiur Dianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman makhluk hidup di kelas VII Panombeian Panei Tahun Pelajaran 2019/2020. Jumlah populasi seluruh siswa kelas VII sebanyak 50 orang dan jumlah sampel sebanyak 50 orang (total sampling). Kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 25 orang dan kelas VII-1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 25 orang. Analisis data dilakukan dengan mencari rata-rata dan standar deviasi, hipotesis diuji dengan uji t pada taraf signifikansi α= 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 48. Nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen sebesar 31,40 dan 81,80. Nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas kontrol sebesar 31,20 dan 76,60. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada materi keanekaragaman makhluk hidup di kelas VII Panombeian Panei Tahun Pelajaran 2019/2020 sebesar 50,40. Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung (3,37) > ttabel (2,02) pada taraf signifikansi

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

metabio

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Jurnal Ilmiah Metabio merupakan jurnal publikasi yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Simalungun Pematangsiantar. Jurnal ini akan memuat hasil-hasil penelitian ilmiah pada berbagai bidang ilmu Biologi dan Pembelajaran Biologi diantaranya Ekologi, Anatomi, IPA, Metode ...