Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kerja sama orangtua dan guru dalam meningkatkan prestasi Belajar sains siswa Kelas V SD Negeri 095209 Sordang Raya Kecamatan Tapian Dolok Kabupaten Simalungun Tahun Pelajaran 2019/2020 pada bulan Juni sampai Juli. Jumlah sampel sebanyak 30 orang yang diambil secara keseluruhan. Untuk mengetahui korelasi antara kerja sama orangtua dan guru dan prestasi belajar dihitung dengan menggunakan Korelasi Product Momen, Hipotesis di uji dengan uji signifikan dari korelasi statistika student atau uji t pada taraf signifikan 0,05 dan untuk mengetahui besarnya kontribusi antara variabel X dan variabel Y dihitung dengan uji determinasi.Dari hasil uji korelasi diperoleh r = 0,83, yang berarti kerja sama orangtua dan guru dalam meningkatkan prestasi Belajar sains siswa Kelas V SD Negeri 095209 Sordang Raya Kecamatan Tapian Dolok Kabupaten Simalungun Tahun Pelajaran 2019/2020 adalah korelasi tinggi. Uji hipotesis diperoleh t hitung 7,84 > t- tabel 1.70, maka Ho ditolak dan Ha diterima, berarti ada pengaruh yang signifikan antara kerja sama orangtua dan guru dalam meningkatkan prestasi sains siswa Kelas V SD Negeri 095209 Sordang Raya Kecamatan Tapian Dolok Kabupaten Simalungun Tahun Pelajaran 2019/2020. Besarnya kontribusi antara variabel X terhadap variabel Y adalah 68,89%.Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kerja sama orangtua dan guru dalam meningkatkan prestasi Belajar sains siswa Kelas V SD Negeri 095209 Sordang Raya Kecamatan Tapian Dolok Kabupaten Simalungun Tahun Pelajaran 2019/2020.
Copyrights © 2020