ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat
Vol 3, No 02 (2020): Juli 2020

Peningkatan Kapasitas Pola Komunikasi Pengolahan Sampah Berbasis Karang Taruna di Wilayah Kembangan, Jakarta Barat

Vania Utamie Subiakto (Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Mercu Buana Jakarta Jl. Meruya Selatan, Kec. Kembangan, Jakarta Barat - Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2020

Abstract

Pola Komunikasi adalah proses yang dirancang untuk mewakili kenyataan keterpautan unsur-unsur komunikasi beserta keberlangsunganya, guna memudahkan pemikiran sistematik dan logis. Pola komunikasi yang dijalankan oleh setiap individu, mengandung unsur adanya pesan baik pesan individual maupun pesan mengenai permasalahan sosial. Permasalahan lingkungan hidup seperti sampah, sekarang marak diperbincangkan di masyarakat, pemerintahan, social society, dan lain lain. Sampah merupakan limpah padat dari sisa-sisa kegiatan manusia di perkotaan maupun pendesaan yang kehidupan masyarakatnya makin konsumtif. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan pada RPTRA Kembangan Selatan ini dihadiri 58 orang warga Kembangan. Kegiatan berlangsung dengan memperkenalkan pola komunikasi dalam pengolahan sampah rumah tangga kepada generasi muda dan ibu-ibu PKK dengan memberikan gambaran dan penjelasan. Kegiatan diakhiri dengan memberikan materi mengenai pengolahan sampah rumah tangga serta peserta membawa tempat minum dilanjutkan dengan adanya deklarasi membawa tempat minum saat berpergian.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

abdimoestopo

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science

Description

ABDI MOESTOPO an open source journal, published by the Institute for Research and Community Service (LPPM), University of Prof. Dr. Moestopo (Beragama) Jakarta to accommodate the results of research and community service activities carried out by researchers from various universities / research ...