Kaizen : Management Systems and Industrial Engineering Journal
Vol 2, No 2 (2019)

PENGEMBANGAN PRODUK KERUPUK IKAN BANDENG DI KABUPATEN GRESIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

Narto Narto (Universitas Qomaruddin Gresik)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2020

Abstract

Kerupuk ikan bandeng merupakan hasil UKM unggulan di Kabupaten Gresik. Dengan kondisi geografis yang mempunyai pontensi tambak yang menghasilkan ikan bandeng. Banyaknya budidaya ikan bandeng yang dapat dihasilkan dari tambak yang berada di pesisir utara kabupaten Gresik memiliki nilai potensial tinggi untuk dimanfaatkan sebagai produk olahan ikan. Semakin hari semakin melimpah, tidak menutup kemungkinan jika suatu hari pasar mengalami kejenuhan akan kebutuhan ikan bandeng, karena masing-masing produk selalu memiliki siklus hidup produk. Untuk meningkatkan pemanfaatan bahan bakupembuatan kerupuk ikan bandeng di kabupaten Gresik maka perlu dilakukan strategi pengembangan produk melalui voice of customer dengan menggunakan metode Quality Function Deployment. Hasil penelitian diperoleh atribut – atribut yang dapat diprioritaskan pertama adalah perbaikan proses produksi dari mulai penggunaan bahan baku utama yaitu ikan bandeng dengan ukuran yang seragam. Pengolahan yang sesuai dengan standar keamanan untuk makanan. Penggunaan mesin giling yang higienis. Kebersihan dan sterilisasi ruang produksi. Proses penjemuran dengan menggunakan oven untuk menghasilkan kualitas kerupuk ikan yang mempunyai tingkat kekeringan merata. Pengembangan yang kedua yaitu memberikan pelayanan pelanggan melalui sistem terintegrasi dengan penggunaan teknologi informasi. Pengembangan yang ketiga yaitu pembuatan desain bentuk dan ukuran dengan motif sesuai dengan keinginan konsumen.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Kaizen

Publisher

Subject

Industrial & Manufacturing Engineering

Description

KAIZEN : Management Systems & Industrial Engineering Journal is scientific journal that publishes articles in the field of Management Systems, Manufacturing System, Time & Motion Study, Ergonomics or Human Factors Engineering, Production Planning & Inventory Control, Supply Chain Management and ...