Renjana Pendidikan Dasar
Vol 1 No 1 (2021): Edisi Februari 2021

HUBUNGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS I LOPOK KOTA SUMBAWA TAHUN AJARAN 2020/2021

Wika Satriami (Fakultas keguruan dan ilmu pengetahuan)
Darmiany Darmiany (universitas mataram)
Heri Hadi Saputra (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2020

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kompetensi kepribadian guru dengan disiplin belajar siswa kelas V Gugus I Lopok Kota Sumbawa Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Teknik pengambilan sampel yaitu proportionate random sampling. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 114 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 59 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yakni angket kompetensi kepribadian guru dan disiplin belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk mengumpulkan data kompetensi kepribadian guru dan disiplin belajar siswa, teknik korelasi momen produk untuk mencari ada tidaknya hubungan, dan koefisien determinasi untuk mencari kontribusi variable X terhadap variable Y. hasil menunjukan bahwa terdapat hubungan kompetensi kepribadian guru dengan disiplin belajar siswa kelas V dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,295 artinya adanya hubungan yang positif antara komptensi kepribadian guru dengan disiplin belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

renjana

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Renjana Pendidikan Dasar merupakan wadah publikasi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa dan kajian studi literatur dalam bidang pendidikan dasar. Bidang pendidikan dasar ini mencakup model pembelajaran pendidikan dasar, evaluasi pembelajaran pada pendidikan dasar, strategi pembelajaran, media ...