penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kompetensi kepribadian guru dengan disiplin belajar siswa kelas V Gugus I Lopok Kota Sumbawa Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Teknik pengambilan sampel yaitu proportionate random sampling. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 114 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 59 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yakni angket kompetensi kepribadian guru dan disiplin belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk mengumpulkan data kompetensi kepribadian guru dan disiplin belajar siswa, teknik korelasi momen produk untuk mencari ada tidaknya hubungan, dan koefisien determinasi untuk mencari kontribusi variable X terhadap variable Y. hasil menunjukan bahwa terdapat hubungan kompetensi kepribadian guru dengan disiplin belajar siswa kelas V dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,295 artinya adanya hubungan yang positif antara komptensi kepribadian guru dengan disiplin belajar siswa.
Copyrights © 2021