Salah satu masalah terbesar yang melanda Indonesia adalah masih besarnya angka pengangguran yang menurut Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan telah terjadi peningkatan jumlah pengangguran di Indonesia sebesar 10.000 pada Agustus 2017. Jadi dari keputusan untuk menjadi pengusaha ini adalah solusi untuk mengurangi tingkat pengangguran akan berdampak pada penurunan jumlah kemiskinan, selain dapat menciptakan lapangan kerja sendiri, juga dapat membantu orang lain. Penelitian ini menggunakan metode deskiptif dan verifikasi. Unit analisis dalam penelitian ini adalah pemilik distro pakaian di Plaza Parahyangan, Bandung. dengan populasi 204 pemilik distribusi dengan 70 sampel. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara. Pengujian penelitian ini menggunakan beberapa analisis regresi, analisis korelasi momen produk Pearson, tes asumsi klasik, koefisien penentuan, tes F dan tes T. Hasil penelitian berdasarkan analisis deskriptif untuk variabel kemanjuran diri berada dalam kategori yang cukup baik, variabel motivasi bisnis termasuk dalam kategori yang tidak menguntungkan, dan variabel keberhasilan bisnis berada dalam kategori yang cukup baik. Tes analisis korelasi menunjukkan kemanjuran diri dan motivasi bisnis memiliki hubungan yang moderat dengan arah positif menuju kesuksesan bisnis baik sebagian maupun bersamaan. Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa kemanjuran diri dan motivasi bisnis memiliki efek yang signifikan pada kesuksesan bisnis, baik sebagian maupun bersamaan.
Copyrights © 2020