Jurnal Pendidikan UNIGA
Vol 14, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan UNIGA

Analisis Kurikulum Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Madrasah Aliyah

Tatik Fitriyani (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Iman Saifullah (Universitas Garut)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosentase komponen kompetensi serta analisis materi dalam Kurikulum mata Pelajaran Al-Quran Hadis di tingkat Madrasah Aliyah dilihat dari beberapa perspektif, diantaranya perspektif psikologi perkembangan dan konsep Pendidikan Islam Sosial Profetik Kuntowijoyo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif analitik dengan pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa muatan kompetensi pada kurikulum Al-Quran Hadis di MA pada aspek kompetensi afektif spirirtual (KI-1) berada pada tahap Karakterisasi (A5) sebanyak 90%, kompetensi afektif sosial (KI-2) berada pada level karakterisasi dengan prosentasi 100%, kompetensi kognitif nya (KI-3) berada pada level menganalisis (C4) dengan total prosentase 97%, dan kompetensi psikomotor (KI-4) 63%. Sedangkan materi yang sesuai dengan konsep Sosial Profetik Kuntowijoyo diantaranya adalah materi menjaga kelestarian lingkungan hidup dan materi Manusia serta tugasnya sebagai Khalifah Fil ard’.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan adalah media ilmiah yang memuat gagasan ilmiah yang bersumber dari hasil penelitian, yang menyangkut tentang hal-hal yang berkenaan dengan model/ strategi/ bentuk pendidikan sebagai proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan/ atau kebiasaan sekelompok orang yang ditransfer ...