Prosiding SNATIF
Vol 1, No 1 (2014): Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Informatika

BUSINESS INTELLIGENCE UNTUK PREDIKSI CUSTOMER CHURN TELEKOMUNIKASI

Arifin, Muhammad ( Universitas Muria Kudus)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2014

Abstract

Abstrak Customer atau pelanggan merupakan hal yang sangat penting bagi kelangsungan hidup suatu perusahaan barang maupun jasa. Dengan ditinggalkan pelanggan sebuah perusahaan akan untuk memperoleh pelanggan baru mengalami kerugian yang sangat besar bahkan memerlukan biaya hingga 10 kali lipat lebih mahal dari biaya untuk mempertahankan pelanggan yang ada.  Perusahaan telekomunikasi secara rutin menghasilkan dan menyimpan sejumlah besar data berkualitas tinggi, memiliki basis pelanggan yang sangat besar, dan beroperasi dalam lingkungan yang cepat berubah dan sangat kompetitif serta rentan terhadap customer churn (pelanggan yang meninggalkan perusahaan). Prediksi cusromer churn muncul sebagai Bussiness Intelligence (BI) yang sangat penting untuk telekomunikasi modern. Penelitian ini melakukan studi lieratur untuk mendapatkan informasi tentang permasalahan yang ada selanjutnya ekperimen untuk memprediksi cusromer churn dalam bidang Telekomunikasi dengan menerapkan algoritma prediksi, menganalisa hasil dan mendokumentasikannya. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa dengan menerapkan BI pada prediksi customer churn yang menggunakan algoritma KNN menghasilkan tigkat akurasi sebesar 88% pada nilai K 5 keatas. Dengan hasil tersebut diharapkan dapat membantu pihak pengambil keputusan dalam menemukan customer yang memiliki indikasi untuk churn. Kata kunci:businnes intelligence, prediksi, customer churn

Copyrights © 2014