Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan dan menentukan tingkat validitas dan praktikalitas dari e-modul yang dikembangkan. Jenis penelitian adalah Research and Development (R D) dengan model pengembangan Plomp. Uji validitas dilakukan terhadap empat orang dosen jurusan kimia FMIPA UNP dan tiga orang guru kimia SMA. Uji praktikalitas dilakukan oleh tiga orang guru kimia dan 32 siswa kelas XI SMAN 7 Padang tahun ajaran 2020/2021. Instrumen penelitian berupa angket validitas dan praktikalitas. Hasil  validitas yang didapatkan dianalisis dengan Content Validity Ratio (CVR) dan praktikalitas dianalisis dengan formula Aikens’V.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata CVR validitas konten e-modul sebesar 0,95 (valid), validitas konstruk 0,82 (valid), praktikalitas e-modul pada guru 0,89 (praktis) dan pada siswa 0,82 (praktis). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa e-modul larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis guided disscovery learning untuk kelas X SMA/ MA yang dikembangkan sudah valid dan praktis.
Copyrights © 2021