Entalpi Pendidikan Kimia
Pre-print Vol 2, No 2, 2021

Judul Pengembangan E-Modul Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas X SMA/MA

Wildayati, Wildayati (Unknown)
Yerimadesi, Yerimadesi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan dan menentukan tingkat validitas dan praktikalitas dari e-modul yang dikembangkan. Jenis penelitian adalah Research and Development (R D) dengan model pengembangan Plomp. Uji validitas dilakukan terhadap empat orang dosen jurusan kimia FMIPA UNP dan tiga orang guru kimia SMA. Uji praktikalitas dilakukan oleh tiga orang guru kimia dan 32 siswa kelas XI SMAN 7 Padang tahun ajaran 2020/2021. Instrumen penelitian berupa angket validitas dan  praktikalitas. Hasil  validitas yang didapatkan dianalisis dengan Content Validity Ratio (CVR) dan praktikalitas dianalisis dengan formula Aikens’V.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata CVR validitas konten e-modul sebesar 0,95 (valid), validitas konstruk 0,82 (valid), praktikalitas e-modul pada guru 0,89 (praktis) dan pada siswa 0,82 (praktis). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa e-modul larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis guided disscovery learning untuk kelas X SMA/ MA yang dikembangkan sudah valid dan praktis.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

epk

Publisher

Subject

Humanities Chemistry Education

Description

Entalpi Pendidikan Kimia Journal publishes either research articles or reviews that relate to the field of chemistry education. The coverage of articles or reviews accepted by this journal includes the study of curriculum, models, strategies, approaches, methods, and techniques of learning; tests, ...