Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen : Jurnal Ilmiah Multi Science
Vol 10, No 01 (2019): Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen

PELAKSANAAN PENGEMBANGAN PRODUK DAN SALURAN DISTRIBUSI GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA INDUSTRI TAHU JAYA SENDANG AGUNG LAMPUNG TENGAH

Arohman Arohman (Universitas Muhammadiyah Pringsewu)
Kohar Kohar (Universitas Muhammadiyah Pringsewu)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

Pengembangan produk merupakan sekumpulan aktivitas yang dimulai dengan mengidentifikasi peluang pasar dan diakhiri dengan kegiatan produksi, penjualan, dan pengiriman produk . Untuk tetap mampu bersaing dalam dunia industri, perusahaan tidak hanya memerlukan pengembangan produk saja melainkan perlu meningkatkan produktivitas kerja. Perancangan alat bantu dalam proses produksi menghasilkan manfaat yang cukup signifikan dalam proses produksi. Masalah penelitian ini adalah jumlah konsumen pada Industri Tahu Jaya Sendang Agung fluktuatif. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh pengembangan produk dan saluran distribusi terhadap volume penjualan pada Industri Tahu Jaya Sendang Agung. Tujuan penelitian ini adalah Ingin mengetahui  Apakah ada pengaruh pengembangan produk dan saluran distribusi terhadap volume penjualan pada Industri Tahu Jaya Sendang Agung. Dalam penelitian ini menggunakan metode Deskriptif kuantitatif.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Dokumentasi dan kuesioner. populasi dalam  penelitian ini adalah  karyawan pada Industri Tahu Jaya Sendang Agung yang berjumlah 15 Orang karyawan. Dalam penelitian ini maka jumlah sampel yang dibutuhkan peneliti adalah 15 orang karyawan.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Berdasarkan perhitungan didapat nilai t-hitung Pengembangan Produk  (X1) sebesar 1,427 t-tabel (0,699), yang berarti terdapat pengaruh Kompensasi  (X1) terhadap Volume Penjualan  (Y), dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak. Sedangkan nilai t-hitung Saluran Distribusi (X2) sebesar 2,716 t-tabel (0,699) yang berarti terdapat pengaruh  Saluran Distribusi   (X2) terhadap Volume Penjualan  (Y), dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak.  Nilai r-square sebesar 0,692 sehingga dapat disimpulkan bahwa, Pengembangan Produk  dan Saluran Distribusi memberikan kontribusi sebesar 69,2% terhadap volume penjualan pada Industri Tahu Jaya Sendang Agung  dan sisanya sebesar 30,8% dijelaskan atau dipengaruhi faktor lain yang tidak diidentifikasi dalam penelitian ini.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIEM

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Multi Science received manuscripts which contains scientific on the results of critical thinking or research in various topics include of management, accounting, economic development, and social ...