Musamus Journal of Primary Education
Vol 3 No 1 (2020): Musamus Journal of Primary Education

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Marlina Marlina (Unknown)
Ismawati Ismawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas IV SDN Pengambangan 8 Banjarmasin. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan desain Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan menggunakan observasi dan tes. Sedangkan analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 71% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran student teams achivement divisions (STAD) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

primary

Publisher

Subject

Education Other

Description

The aims of MusJPE is to provide a venue for academicians, researchers, and practitioners for publishing the original researce articles or review articles. The scope of the articles published in this journal deals with a contemporary issue in primary education. ...