Jurnal Cerdas Sifa Pendidikan
Vol. 9 No. 2 (2020): Cerdas Sifa Pendidikan

Pengembangan Model Permainan Tradisional Bentenganterhadap Kualitas Fisik Siswa Sekolah Dasar: Development Of Traditional Game Model Forts For The Physical Quality Of Primary School Students

Adhe Saputra (Universitas Jambi)
Ahmad Muzaffar (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2020

Abstract

Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan pengembangan modelpermainan tradisional bentengan bagi siswa Sekolah Dasar Negeri 211/XI Muaro Jambi. Selain itu,penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang:pengembangan dan penerapan model permainan tradisional bentengan bagi anak kelas V Sekolah Dasardan mengetahui efektivitas, efisiensi dan hasil kualitas fisik bagi anak kelas V Sekolah Dasar. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan pendekatan kualitatif serta menggunakan metodePenelitian pengembangan Research & Development (R & D). Subyek dalam penelitian dan pengembanganini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 211/XI Muaro Jambi. Instrumen yang digunakan dalampenelitian dan pengembangan ini adalah angket, kuisioner, serta tes kualitas fisik yang digunakan untukmengumpulkan data pada tahap: (1) analisis kebutuhan; (2) evaluasi ahli (evaluasi produk awal); (3) ujicoba terbatas (ujicoba kelompok kecil); dan (4) ujicoba utama (field testing). Uji efektifitas modelmenggunakan kualitas fisik. Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan meliputi persiapan sampai pelaporan. Penelitian menggunakan penelitian deskriptif merupakan metode penelitian yang berusaha menggambarkan objek atau subjek yang diteliti, dengan tujuan menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik objekyang diteliti secara tepat. Adapun teknik pengambilan datanya menggunakan tes dan metode yangdigunakan adalah dengan metode survei. Penelitian ini melibatkan tenaga keolahragaan yang mengerti tentang tes dan pengukuran kebugaran jasmani atlet.

Copyrights © 2020