E-JUPEKhu
Vol 9, No 1 (2021)

Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Membatik Bagi Anak Tunagrahita Ringan di SLB N 1 Padang pada Masa Pandemi Covid-19

Annisa Annisa (Universitas Negeri Padang)
Asep Ahmad Sopandi (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakang oleh permasalahan yang ditemukan di salah satu sekolah luar biasa yaitu SLB N 1 Padang tentang kemampuan anak tunagrahita ringan yang berprestasi hingga mewakili sumatera barat sampai tingkat nasional dalam melakukan kegiatan keterampilan membatik. Karena sedang dalam masa pandemic covid-19 penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran keterampilan membatik bagi anak tunagrahita ringan di SLB N 1 Padang pada masa pandemi covid-19. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif, subyek dalam penelitian adalah guru kelas yang mengajarkan keterampilan, guru kesenian, kepala sekolah dan anak tunagrahita ringan kelas XII. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi yang kemudian dianalisis, disajikan dan ditarik kesimpulan dari data-data tersebut. Pelaksanan pembelajaran keterampilan membatik bagi anak tunagrahita ringan pada masa pandemic covid-19 dilakukan secara luring dan daring yaitu guru memberikan tugas kepada secara luring dan apabila ada anak yang ingin melakukan pembelajaran daring bisa menggunakan aplikasi whatsapp.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jupekhu

Publisher

Subject

Education

Description

JUPPEKhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of special education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Early Intervention of Children with Special Needs 2) Identification and Assessment of Children with Special Needs 3) ...