E-JUPEKhu
Vol 9, No 1 (2021)

Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif pada Anak dengan Autisme Melalui Media Lotto Bergambar

Prilla Ayu Larasari (Universitas Negeri Jakarta)
Ishak G Bachtiar (Universitas Negeri Jakarta)
Indra Jaya (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif terhadap mengucapkan kata benda pada anak dengan autisme melalui penggunaan media lotto bergambar. Subjek dari penelitian ini adalah siswa di SDIT Al-Kamil Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Single Subject Research (SSR) dengan menggunakan desain A-B-A. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes lisan untuk menunjukkan kemampuan pada anak dengan autisme baik sebelum diberikan intervensi, saat diberi intervensi, dan sesudah diberi intervensi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dalam kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media lotto bergambar dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif dalam mengucapkan kata benda pada anak dengan autisme. Hal tersebut dapat dilihat dari perolehan skor yang didapat oleh anak dengan autisme pada baseline A yaitu skor 3 pada dimensi mengucapkan kata benda pensil dan kursi lalu skor 5 pada dimensi mengucapkan kata benda tas, buku dan meja dari skor maksimal 9. Sedangkan pada tahap baseline A’ perolehan skor tertinggi pada dimensi mengucapkan kata benda tas, buku, dan meja dengan skor 9 dari skor maksimal 9. Sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan media lotto bergambar memiliki pengaruh untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif pada anak dengan autisme.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jupekhu

Publisher

Subject

Education

Description

JUPPEKhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of special education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Early Intervention of Children with Special Needs 2) Identification and Assessment of Children with Special Needs 3) ...