E-JUPEKhu
Vol 9, No 2 (2021)

Meningkatkan Keterampilan Merangkai Bunga Melalui video Tutorial Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas X di SLB Al - Azhar Bukittinggi

Ella Prisca Ramadanty (Universitas Negeri Padang)
Jon Efendi (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2021

Abstract

Pada penelitian ini, membahas tentang permasalahan yang ditemukan di SLB Al-Azhar Bukittinggi, peneliti menemukan seorang peserta didik tunagrahita ringan kelas X yang mengalami kesulitan dalam merangkai bunga dimana anak pada saat merangkai bunga tidak suka didesak karena anak mudah stress akhirnya keringat dan nangis. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti ini bertujuan untuk membuktikan video tutorial dapat meningkatkan keterampilan merangkai bunga bagi anak tunagrahita ringan di SLB Al-Azhar Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Single Subject Research (SSR). Target behavior pada penelitian ini adalah keterampilan merangkai bunga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa video tutorial dapat meningkatkan keterampilan merangkai bunga. hasil dari lima pertemuan pada kondisi baseline (A1) adalah 47%, 52%, 62%, 62%, dan 62%. Pada kondisi intervensi (B) selama tujuh kali pertemuan didapati hasil 62%, 71%, 86%, 71%, 66%, 66%, 66%, sedangkan kondisi baseline (A2) selama empat kali pertemuan mendapatkan hasil 67%, 57%, 62%, 62%, dan 62%. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa video tutorial telah dapat meningkatkan keterampilan merangkai bunga, namun perlu pengembangan dalam penelitian lanjutan dalam permasalahan ini pada konteks dan isu yang berbeda.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jupekhu

Publisher

Subject

Education

Description

JUPPEKhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of special education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Early Intervention of Children with Special Needs 2) Identification and Assessment of Children with Special Needs 3) ...