Phi : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan
Vol 2, No 1 (2021)

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Contextual Teaching and Learning dan Nilai Islami Pada Materi Cahaya dan Alat Optik di SMP/MTs

Ayu Sarah Mursida (Alumni Prodi PFS Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar-Raniry, Banda Aceh)
Misbahul Jannah (Dosen Prodi PFS Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar-Raniry, Banda Aceh)
Mulyadi Abdul Wahid (Dosen Prodi Teknik Lingkkungan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry, Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh belum adanya pengembangan secara khusus bahan ajar berbasis Contextual Teaching and Learning dan Nilai Islami pada SMP/MTs maka penulis tertarik untuk mewujudkannya walaupun hanya dalam satu materi saja yaitu cahaya dan alat optik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendesain bahan ajar fisika berbasis Contextual Teaching and Learning dan Nilai Islami. Jenis penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau dikenal dengan Research and Development (R&D) menggunakan kerangka ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian ini adalah terwujudnya sebuah dokumen bahan ajar berbasis Contexual Teaching and Learning dan nilai Islami ini menggunakan strategi sains Islami. Hasil ini juga terlah diverivikasi dan dinilai oleh ahli, diantaranya ahli substansimateri dan ahli desain media. Didapatkan bahwabahan ajar yang dihasilkan termasuk dalam kriteria sangat layak. Hasil penilaian kualitas bahan ajar dari ahli materi mencapai 90% dan dari ahli desain 82%. Selain itu, respon peserta didik terhadap bahan ajar berbasis Contextual Teaching and Learning dan Nilai Islami pun berada pada kategori tertarik yaitu 79%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis Contextual Teaching and Learning dapat digunakan dalam proses pembelajaran di SMP/MTs.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnalphi

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Physics Other

Description

Jurnal Phi teregistrasi dengan ISSN : 2549-7162 (daring) dan ISSN : 2460-4348 (cetak) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil-hasil riset dalam lingkung fisika dan pendidikan fisika yang berdampak pada pengetahuan dan teknologi. Kami tidak menerima tulisan yang masih berupa hasil pendahuluan atau ...