At-Tajdid : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam
Vol 4, No 02 (2020): JULI-DESEMBER 2020

URGENSI PENELITIAN TINDAKAN KELAS DALAM MEMPERBAIKI PRAKSIS PEMBELAJARAN

Lailya Mufidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2021

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan bentuk penelitian tindakan yang dilakukan oleh guru secara sistematis reflektif untuk memperbaiki praktik pembelajaran di kelas dan meningkatkan kinerja guru sehingga menjadi guru yang profesional. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan dapat dijadikan sebagai acuan untuk memperbaiki praktik pembelajaran menjadi lebih efektif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperbaiki praksis pembelajaran. Adanya tindakan-tindakan tertentu yang dilakukan oleh peneliti (guru) untuk memperbaiki permasalahan pembelajaran menjadi karakteristik khas dari penelitian tindakan kelas. Adapun fokus kegiatan dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas antara lain; planning (perencanaan), acting (tindakan), observing (pengamatan), dan reflecting (refleksi). Setelah melakukan penelitian tindakan kelas, peneliti (guru) membuat laporan penelitian tindakan kelas. Hal yang perlu ditulis pada laporan penelitian tindakan kelas setidaknya memuat beberapa aspek yang berkaitan dengan keadaan kelas, hasil setiap siklus, dan analisis keseluruhan siklus. Karya ilmiah yang telah dibuat oleh peneliti (guru) bisa dipublikasikan melalui penerbitan ataupun presentasi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

attajdid

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Library & Information Science Social Sciences

Description

Fokus dan scope: jurnal At-Tajdid merupakan jurnal pendidikan dan pemikiran islam,yang diterbitkan dua kali dalam setahun periode januari – juni, dan juli-desember. At-Tajdid merupakan artikel hasil penelitian dalam bentuk penelitian pengembangan, kualitatif, kuantitatif, studi literatur, aplikasi ...