Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat
Vol. 7 No. 1 (2017): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat

Efektifitas Penerapan Model Group Investigation dalam Pembelajaran Matematika

Mahmuddin Mahmuddin (IAI DDI Polewali Mandar)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar matematika yang dicapai peserta didik setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan untuk mengetahui efektif tidaknya model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dalam pembelajaran matematika pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Campalagian Kabupaten Polewali Mandar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Campalagian pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah peserta didik sebanyak 264 orang yang terbagi dalam 8 kelas. Sampel penelitian ini diambil dengan cara random sampling yang terdiri dari dua kelas. Satu kelas sebagai kelas eksperimen (kelas VIIIA) yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan satu kelas sebagai kelas kontrol (kelas VIIID) yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-post test control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes hasil belajar kepada kelompok eksperimen dan kontrol dengan memperhatikan ruang lingkup materi pokok bahasan “persamaan garis lurus”. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar matematika yang dicapai peserta didik kelas eksperimen pada tes awal adalah 66,48 yang berkategori sedang dan meningkat secara signifikan menjadi 81,87 yang berkategori tinggi pada tes akhir setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI. Dengan demikian, setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation maka hasil belajar matematika yang dicapai peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Campalagian Kabupaten Polewali Mandar mengalami peningkatan yang signifikan. Hasil analisis inferensial pada taraf signifikan α = 0,05 menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Campalagian Kabupaten Polewali Mandar.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jitu

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat is a double-blind peer-reviewed journal on education and teacher training. Tadris Journal is intended to provide academic forums for researchers who are interested in the discussion of current and future issues on education and teacher training, especially in the Muslim ...