Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat
Vol. 7 No. 2 (2017): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat

Meningkatkan Hasil Belajar Statistika Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (Tai) Siswa Kelas XII Perkantoran 2 SMK Negeri 1 Polewali

Muhammad Natsir (IAI DDI Polewali Mandar)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar statistika siswa kelas XII Perkantoran 2 SMK Negeri 1 Polewali setelah penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe TAI. Dilakukan pada 33 responden. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan (plan), tindakan dan pengamatan (act and observe), dan refleksi (reflect). Indikator keberhasilan hasil belajar siswa adalah apabila 85% siswa atau lebih telah mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 70. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes dan diolah secara kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar Statistika siswa kelas XII Perkantoran 2 SMK Negeri 1 Polewali. Peningkatan itu ditandai oleh meningkatnya jumlah persentase siswa yang mencapai nilai KKM 70 setelah diberi tes hasil belajar yaitu dari 56,67% pada siklus I menjadi 84,84% pada siklus II atau terjadi peningkatan sebesar 28,17%.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jitu

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat is a double-blind peer-reviewed journal on education and teacher training. Tadris Journal is intended to provide academic forums for researchers who are interested in the discussion of current and future issues on education and teacher training, especially in the Muslim ...