Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar statistika siswa kelas XII Perkantoran 2 SMK Negeri 1 Polewali setelah penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe TAI. Dilakukan pada 33 responden. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan (plan), tindakan dan pengamatan (act and observe), dan refleksi (reflect). Indikator keberhasilan hasil belajar siswa adalah apabila 85% siswa atau lebih telah mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 70. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes dan diolah secara kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar Statistika siswa kelas XII Perkantoran 2 SMK Negeri 1 Polewali. Peningkatan itu ditandai oleh meningkatnya jumlah persentase siswa yang mencapai nilai KKM 70 setelah diberi tes hasil belajar yaitu dari 56,67% pada siklus I menjadi 84,84% pada siklus II atau terjadi peningkatan sebesar 28,17%.
Copyrights © 2017