Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat
Vol. 8 No. 1 (2018): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat

Pengaruh Loan To Deposit Ratio Capital Adequacy Ratio Dan Non Performing Loan Terhadap Profitabilitas Pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk

Andi Putri Meiyanti Barlan (IAI DDI Polewali Mandar)
Agus Sumardi (IAI DDI Polewali Mandar)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (i) Untuk mengetahui pengaruh Loan To Deposit Ratio, Capital Adequacy Ratio, dan Non Performing Loan terhadap Profitabilitas secara parsial pada PT Bank Negara Indonesia (Persero)Tbk. (ii) Untuk mengetahui pengaruh Loan To Deposit Ratio, Capital Adequacy Ratio, dan Non Performing Loan terhadap Profitabilitas secara simultan pada PT Bank Negara Indonesia (Persero)Tbk.             Jenis penelitian yaitu penelitian  kuantitatif, dengan menggunakan data yang bersifat kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan laporan keuangan PT Bank Negara Indonesia (Persero)Tbk dan sampelnya adalah laporan keuangan tahun 2008-2016. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, korelasi, uji t dan uji f.           Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) Secara parsial Loan To Deposit Ratio berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap profitabilitas (ROA) pada PT Bank Negara Indonesia (Persero)Tbk, sedangkan Capital Adequacy Ratio, dan Non Performing Loan berpengaruh negative tetapi tidak signifikan terhadap profitabilitas (ROA) pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk; (ii) Secara simultan Loan To Deposit Ratio, Capital Adequacy Ratio, dan Non Performing Loan  berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas (ROA) pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jitu

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat is a double-blind peer-reviewed journal on education and teacher training. Tadris Journal is intended to provide academic forums for researchers who are interested in the discussion of current and future issues on education and teacher training, especially in the Muslim ...