Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor ekonomi dan kecerdasan emosional, baik secara parsial maupun secara simultan terhadap prestasi akademik yang dicapai mahasiswa Program Studi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAI DDI Polewali Mandar Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAI DDI Polewali Mandar Kabupaten Polewali Mandar dengan populasi sebesar 161 mahasiswa semester I tahun akademik 2015/2016 pada Program Studi PGMI dan sampel sebesar 55 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk menjelaskan faktor ekonomi (kondisi ekonomi orang tua) mahasiswa, kecerdasan emosional mahasiswa dan prestasi akademik yang dicapai mahasiswa tersebut, sedangkan untuk menganalisis pengaruh faktor ekonomi dan kecerdasan emosional terhadap prestasi akademik digunakan analisis Regresi Linear Ganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa hipotesis Ho diterima dan Ha ditolak, yaitu bahwa faktor ekonomi (kondisi ekonomi orang tua) secara parsial berpengaruh dan tidak signifikan terhadap prestasi akademik yang dicapai mahasiswa Program Studi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAI DDI Polewali Mandar, semester I tahun akademik 2015/2016 dengan tingkat pengaruh sebesar 5,57% dan untuk variabel kecerdasan emosional, hasil penelitian membuktikan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu bahwa kecerdasan emosional secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi akademik yang dicapai mahasiswa Program Studi PGMI dengan tingkat pengaruh sebesar 18,75%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa secara simultan, faktor ekonomi dan kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap prestasi akademik yang dicapai mahasiswa Program Studi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAI DDI Polewali Mandar Kabupaten Polewali Mandar, semester I tahun akademik 2015/2016 dengan tingkat pengaruh sebesar 23,3%.
Copyrights © 2018