Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat
Vol. 9 No. 1 (2019): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat

Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Dan Inside Outside CIRCLE Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik SDN 008 Camba-Camba Kabupaten Polewali Mandar

Nurhaida R Nurhaida R (IAI DDI Polewali Mandar)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui seberapa besar hasil belajar penggunaan model pembelajaran Role Playing peserta didik kelas IV SD Negeri 008 Camba-camba; (2) mengetahui seberapa besar hasil belajar penggunaan model pembelajaran Inside Outside Circle peserta didik kelas IV SD Negeri 008 Camba-camba; (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran Role Playing dan Inside Outside Circle terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 008 Camba-camba Kabupaten Polewali Mandar. Jenis penelitian merupakan pre-eksperimen, dengan model pre-test post-test one group design. Instrument penelitian berupa test hasil belajar (pretest dan posttest), dan lembar kegiatan aktivitas siswa. Data Analisis deskriptif untuk mendeskripsikan kemampuan guru mengola pembelajaran, aktivitas siswa dalam pembelajaran dan hasil belajarnya. Analisis statistik inferensial uji normalitas, uji homogenitas, uji regresi berganda dan (uji-t) digunakan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Role Playing dan Inside Outside Circle terhadap hasil belajar ips peserta didik melalui program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar IPS peserta didik kelas IV di SDN 008 Camba – camba Kabupaten Polewali Mandar sebelum menggunakan model pembelajaran Role Playing dan Inside Outside Circle berada pada kategori sangat rendah (2) kemudian terjadi peningkatan hasil belajar IPS peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran Role Playing dan Inside Outside Circle. (3) terdapat pengaruh model pembelajaran Role Playing dan Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas IV SDN 008 Camba-camba.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jitu

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat is a double-blind peer-reviewed journal on education and teacher training. Tadris Journal is intended to provide academic forums for researchers who are interested in the discussion of current and future issues on education and teacher training, especially in the Muslim ...