Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat
Vol. 9 No. 2 (2019): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat

Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Peserta Didik Melalui Penerapan Variasi Stimulus Pada Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Polewali

Muhammad Sapri Hammado (IAI DDI Polewali Mandar)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 4 Polewali Kabupaten Polewali Mandar, melalui penerapan variasi stimulus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah peserta didik 27 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Data diambil dengan menggunakan lembar observasi, dan tes hasil belajar peserta didik. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II, dimana terjadi peningkatan frequensi peserta didik yang berada pada kategori sangat tinggi, yaitu 4 atau 14.8% dari jumlah peserta didik pada siklus I hingga mencapai 17 atau 62.9% di siklus II. Peningkatan hasil belajar peserta didik ditunjukkan melalui peningkatan persentase pada kategori ‘sangat tinggi’ pada siklus I yaitu 11.1%, mengalami peningkatan di siklus II yaitu menjadi 44.4%, serta nilai ketuntasan hasil belajar dari 56% pada siklus I meningkat menjadi 81% pada siklus II. Simpulan pada penelitian ini adalah penerapan variasi stimulus dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan peserta didik pada kelas XI IPA SMA Negeri 4 Polewali Mandar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jitu

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat is a double-blind peer-reviewed journal on education and teacher training. Tadris Journal is intended to provide academic forums for researchers who are interested in the discussion of current and future issues on education and teacher training, especially in the Muslim ...