Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat
Vol. 9 No. 2 (2019): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat

Pembinaan Akhlak Peserta Didik Melalui Bimbingan Mental Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Kuliah Lima Menit Pada MTs. Ma’arif NU Rondongan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar

Mahfud Hannan (IAI DDI Polewali Mandar)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembinaan akhlak peserta didik melalui bimbingan mental dalam kegiatan ekstrakurikuler keagamaan kuliah lima menit dan kendala yang terdapat dalam pembinaan akhlak peserta didik melalui bimbingan mental dalam kegiatan ekstrakurikuler keagamaan kuliah lima menit di MTs. Ma’arif NU Rondongan Campalagian. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah Kepala Sekolah dan 1 orang Pembimbing Ekstrakurikuler serta para siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler keagamaan kuliah lima menit yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 7 siswi perempun. Jenis data yang dikumpulkan adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang telah dikumpulkan selanjutnya dianalisis secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembinaan akhlak peserta didik melalui bimbingan mental dalam kegiatan ekstrakurikuler keagamaan kuliah lima menit di MTs. Ma’arif NU Rondongan Campalagian adalah dengan memberikan materi hadis serta adab-adab Islami, memberikan peraktik serta memberikan sedikit waktu untuk sharing terkait masalah apapun yang dialami oleh peserta didik. Selain itu juga melalui kegiatan-kegiatan keagamaan, seperti sholat berjamaah, amal jariyah, dan akhlakul karimah. Kendala-kedala yang terdapat dalam pembinaan akhlak peserta didik melalui bimbingan mental dalam kegiatan ekstrakurikuler keagamaan kuliah lima menit adalah: (1) Waktu kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di luar jam belajar mengajar, sehingga dapat mengakibatkan tidak konsentrasi dan kurang memperhatikan, (2) Faktor bawaan yang dibawa oleh masing-masing siswa berbeda-beda, (3) Waktu untuk kegiatan Bimbingan Mental yang kurang, (4) Adanya dampak negatif dari perkembangan teknologi, dan (5) Kurangnya pengetahuan siswa dalam hal keagamaan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jitu

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat is a double-blind peer-reviewed journal on education and teacher training. Tadris Journal is intended to provide academic forums for researchers who are interested in the discussion of current and future issues on education and teacher training, especially in the Muslim ...