Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat
Vol. 9 No. 2 (2019): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat

Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Ekonomi Siswa Kelas X Mia Sma Negeri Matakali

Sudarmin Hading (IAI DDI Polewali Mandar)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini dilatar-belakangi oleh pentingnya guru dalam memilih model pembelajaran yang tepat, agar pembelajaran itu sebanyak mungkin melibatkan siswa secara aktif, sehingga siswa dapat membangun pengetahuannya sendiri dalam sebuah pembelajaran yang menyenangkan yang berujung pada peningkatan hasil belajar. Tujuan utama penelitan ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Ekonomi siswa SMA Negeri 1 Matakali. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MIA yang dimulai pada minggu ke II bulan September sampai dengan minggu ke I Oktober 2018 (semester I). Jumlah siswa yang terlibat sebanyak 32 orang, yang dibagi dalam 8 kelompok kerja. Observasi dilaksanakan selama dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri atas tahap persiapan (perencanaan), pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, refleksi, dan revisi tindakan. Analisis data dilakukan secara deskriptif, dengan menampilkannya dalam bentuk tabel, histogram dan dilengkapi dengan perhitungan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa, ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 68,75% dan pada siklus II sebesar 90,62%. Dengan demikian ada peningkatan ketuntasan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 21,87%. Didapatkan juga bahwa pada siklus I jumlah kelompok yang tuntas sebesar 12,5 % meningkat sebesar 50,0% menjadi 62,5% pada siklus kedua. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Ekonomi siswa kelas X MIA SMA Negeri Matakali. Disarankan agar guru-guru Pendidikan Ekonomi mempertimbangkan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, dan juga disarankan ada penelitian lanjutan untuk melihat bagaimana hasil belajar siswa jika anggota kelompok tidak permanen.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jitu

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat is a double-blind peer-reviewed journal on education and teacher training. Tadris Journal is intended to provide academic forums for researchers who are interested in the discussion of current and future issues on education and teacher training, especially in the Muslim ...