Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat
Vol. 10 No. 1 (2020): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat

Efektivitas Metode Talking Stick Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Peserta Didik Kelas V Mi Al-Irsyad Leteang Desa Tenggelang Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar

Mahmuddin Mahmuddin (IAI DDI Polewali Mandar)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tentang efektifitas penggunaan metode pembelajaran talking stick dalam meningkatkan hasil belajar Matematika pada peserta didik kelas V MI Al-Irsyad Leteang Desa Tenggelang Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperiment, dimana penerapan atau penggunaan metode pembelajaran talking stick diuji cobakan dalam pembelajaran Matematika dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah “One Group Pretest-Posttest Design”. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik total sampling dengan jumlah 30 orang peserta didik. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan pelaksanaan tes. Data-data yang telah dikumpulkan selanjutnya dianalisis secara statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial berupa analisis perbandingan dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar matematika yang dicapai oleh peserta didik kelas V MI Al-Irsyad Leteang Desa Tenggelang Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar Tahun Pelajaran 2018/2019 pada tes awal (pre-test) adalah 49,73 yang berada pada kategori sedang. Setelah diberi perlakuan dengan menerapkan metode pembelajaran Talking Stick, hasil belajar matematika peserta didik mengalami peningkatan secara signifikan menjadi 76,45 pada tes akhir (post-test). Dengan demikian, metode pembelajaran talking stick efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada peserta didik kelas V MI Al-Irsyad Leteang Desa Tenggelang Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar. Kata Kunci : , ,

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jitu

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat is a double-blind peer-reviewed journal on education and teacher training. Tadris Journal is intended to provide academic forums for researchers who are interested in the discussion of current and future issues on education and teacher training, especially in the Muslim ...