DEVICE
Vol 10 No 1 (2020): Bulan Mei

ANALISIS PERBANDINGAN ALGORITMA TF-IDF DENGAN SQL QUERY UNTUK KASUS PENCARIAN PADA SISTEM INFORMASI DOKUMENTASI ARSIP (SIDOKAR)

Dian Asmarajati (Universitas Sains Al-Quran)



Article Info

Publish Date
31 May 2020

Abstract

Arsip merupakan salah satu sumber informasi yang berfungsi penting untuk menunjang proses kegiatan administrasi dan manajemen pada sebuah instansi dalam berbagai bentuk dan media. Tidak hanya pengelolaan arsip tetapi diperlukan juga fitur pencarian. Proses pencarian yang biasanya digunakan adalah SQL query dengan susunan dari beberapa perintah dasar SQL untuk menghasilkan hasil pencarian yang sesuai. Namun dengan SQL query tersebut belum cukup untuk melakukan seleksi dan untuk menemukan data yang relevan dikombinasikan dengan Algoritma TF-IDF. Dengan demikian maka perlu dibuatnya aplikasi perbandingan antara Algoritma TF-IDF dengan SQL query untuk mengetahui efisiensi waktu proses dan keefektifan dalam kesesuaian hasil pencarian data pada suatu data arsip. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah dalam hal kecepatan proses atau running time SQL query lebih efisien dari pada Algoritma TF-IDF sedangkan dalam hal kesesuaian hasil pencarian data relevan Algoritma TF-IDF lebih efektif dari pada SQL query.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

device

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Engineering Mechanical Engineering

Description

DEVICE merupakan media komunikasi dan diseminasi hasil-hasil penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang ilmu komputer, arsitektur, teknik sipil dan teknik mesin. Jurnal ini diterbitkan oleh Fakultas Teknik Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Wonosobo secara berkala dua kali dalam satu tahun ...