MAGISTRA: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol 7 No 2 (2020): Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Dalam Pembelajaran Tematik

Sri Wahyuni (Universitas Kristen Satya Wacana)
Indri Anugraheni (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2020

Abstract

Abstrak Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre Eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest study. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, yaitu soal. Teknik analisis data menggunakan uji t (one sample test) untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis sebelum diberi perlakuan (pretest) menggunakan model problem based learning dan sesudah diberi perlakuan (posttest) menggunakan model problem based learning. Hasil analisis dengan menggunakan uji t diperoleh hasil sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0, 05 dengan hasil thitung 4,388 > ttabel 2,052, maka H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis menggunakan model problem based learning. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN 1 Kembagnkuning Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata kunci: Problem Based Learning, berpikir kritis

Copyrights © 2020