Majalah Ilmiah MOMENTUM
Vol 17, No 1 (2021)

Pengaruh Campuran Acrylonitrile-Styrene/Acrylonitrile-Butadiene-Styrene (AS/ABS) Terhadap Estetika dan Kelancaran Perakitan pada Kemasan Kosmetik.

Puji Basuki (Universitas Pandanaran Jl. Banjarsari Barat No.1, Pedalangan, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50268)
Agustien Zulaidah (Universitas Pandanaran Jl. Banjarsari Barat No.1, Pedalangan, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50268)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak bisa lepas dari penggunaan plastik, baik sebagai bahan pembungkus maupun alat rumah tangga, dan juga sebagai bahan kemasan kosmestik. Kosmestik banyak dianalogikan dengan kecantikan, untuk itu kemasan yang menarik juga sangat mempengaruhi kualitas dan minat beli konsumen. Dalam membuat plastik kemasan agar dihasilkan produk yang menarik maka perlu diketahui perbantingan AS dan ABS yang sesuia, untuk itu perlu dilakukan penelitian ini. Tujuan dari penelitian adalah untuk memperoleh perbandingan AS dan ABS yang sesuai untuk menghasilkan produk dengan estetika menarik dan mudah diproses produksi. Dalam penelitian ini variabel tetapnya adalah bahan baku plastik yang digunakan yaitu campuran AS dan BS, serta kondisi operasi suhu nozle 220°C, barrel zona 1 225°C, zona 2 220°C, zona 3 215°C, zona 4 210°C. Sedangkan variabel berubahnya adalah perbandingan AS dan ABS sebesar 30%+70 % ; 40%+60% dan 50%+50%. Alat yang digunakan adalah mesin injeksi dan molding plastik. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah perbandingan AS/ABS sebesar 40%+60% menghasilkan material mudah dicetak, permukaan mengkilat, dan tidak pecah saat dirakit. Sedangkan untuk perbandingan AS/ABS 50%+50% menghasilkan produk retak pada lubang engsel. Perbandingan AS/ABS 30%+70% menghasilkan mudah dicetak, aman dari kerusakan lubang engsel, tetapi permukaan tidak mengkilat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

MOMENTUM

Publisher

Subject

Education

Description

"MOMENTUM" adalah sebuah Jurnal Ilmiah yang dikelola oleh Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim dengan ISSN cetak 0216-7395. Terbit setahun dua kali yaitu tiap bulan April dan Oktober. Lingkup bidang yang dapat dipublikasikan di jurnal ini adalah teknik mesin, teknik kimia dan teknik ...