EduChemia: Jurnal Kimia dan Pendidikan
Vol 4, No 2 (2019)

Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa

Muhammad Alija Izetbigovic (Sultan Ageng Tirtayasa University)
, Solfarina (Jurusan Pendidikan Kimia, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Jl. Ciwaru Raya No.25 Cipocok Jaya, Serang, 42118, Banten)
Indah Langitasari (Jurusan Pendidikan Kimia, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Jl. Ciwaru Raya No.25 Cipocok Jaya, Serang, 42118, Banten)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2019

Abstract

Keterampilan generik sains merupakan keterampilan dasar berfikir yang dibutuhkan dalam mempelajari sains. Keterampilan generik sains harus dikuasai oleh siswa untuk dapat berfikir analitik dan berfikir tingkat tinggi. Keterampilan generik sains siswa saat ini tergolong rendah sehingga dibutuhkan model pmebelajran yang tepat untuk mengatasinya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan generik sains siswa pada konsep koloid menggunakan model discovery learning. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA. Intrumen penelitian berupa 12 soal ketrampilan generik sains yang valid dan reliabe. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan uji N-gain dan uji statistik dengan mengguakan paired-sample t-test dengan taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan generik sains siswa pada materi koloid setelah diterapkannya model discovery learning. Hal ini dibuktikan dari analisis keterampilan generik sains dengan uji N-gain yang diperoleh bahwa 4 indikator tergolong sedang. Penggunaan model pembelajaran yang berpusat pada siswa secara tepat dapat melatih keterapilan generik sains siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

EduChemia

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education Materials Science & Nanotechnology

Description

Focus and Scope Educhemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan) is Periodicals published the results of research related to the development of science and technology in the field of Chemistry and Chemistry education as a form of intellectual property Chemistry: Organic chemistry, Inorganic chemistry, ...