An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah
Vol 8 No 1 (2021): An-Nisbah

ANALISIS DETERMINAN PELAPORAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) PADA BANK UMUM SYARIAH INDONESIA TAHUN 2015-2019

Rozzi, Muhammad Fathur (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2021

Abstract

ISR merupakan pelaporan tanggung jawab sosial yang mampu mengurangi terjadinya gejala salah satunya yaitu legitimacy gap dan gejala lain yang bisa mengakibatkan terganggunya sustainaibility perusahaan. Dalam penelitian lain masih ditemukan ketidak konsistenan variabel bebas yang berpengaruh, maka dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Profitabilitas (GPM), Likuiditas (CR), dan Leverage (DER) terhadap Islamic Social Reporting (ISR) dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi, pada Bank Umum Syariah di Indonesia yang terdaftar pada OJK periode 2015-2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, jenis dengan data sekunder berupa panel yang dianalisis melalui metode analisis data regresi linier berganda dengan uji Moderate Regression Analysis (MRA) menggunakan software EViews 9. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Bank Umum Syariah (BUS) di Indonesia sebanyak 14 bank syariah. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan sebagai objek penelitian adalah 12 BUS. Berdasarkan hasil penelitian, hasil uji F menunjukkan bahwa Profitabilitas, Likuiditas dan Leverage berpengaruh secara simultan terhadap ISR dengan koefisien positif sedangkan uji T menunjukkan bahwa secara parsial Profitabilitas dan Leverage tidak berpengaruh terhadap ISR, Likuiditas berpengaruh negatif dan berpengaruh signifikan terhadap ISR. Berdasarkan uji MRA, Ukuran Perusahaan tidak mampu memoderasi hubungan antara pengaruh profitabilitas terhadap ISR, sedangkan Ukuran Perusahaan mampu memoderasi dan memperlemah hubungan antara Likuiditas dan ISR, dan Ukuran Perusahaan mampu memoderasi dan memperkuat hubungan antara Leverage dan ISR.

Copyrights © 2021