Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 4, No 3 (2019): Agustus 2019

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Anchored Instruction di SMPN 1 Darul Imarah Aceh Besar

Nova Fadila (Universitas Syiah Kuala)
R. M. Bambang S (Universitas Syiah Kuala)
M. Hasbi (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2019

Abstract

Pemecahan masalah merupakan suatu hal yang perlu dipelajari siswa dalam pembelajaran matematika. Kenyataan di lapangan menerangkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa masih tergolong rendah. Anchored Instruction merupakan sebuah model pembelajaran yang diharapkan mampu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Riset ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model pembelajaran Anchored Instruction. Riset ini memanfaatkan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek pada riset ini adalah siswa kelas VII-I SMPN 1 Darul Imarah Aceh Besar sebanyak 26 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan 4 soal berupa uraian, kemudian dilanjutkan dengan wawancara untuk mengetahui langkah yang diambil siswa dalam menyelesaikan soal tersebut. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif berdasarkan nilai tes. Hasil riset menunjukkan bahwa dari empat aspek kemampuan yang diukur diperoleh sebagian besar siswa mengerti aspek memahami masalah dan menyusun penyelesaian, siswa kurang memahami aspek merencanakan penyelesaian dan menafsirkan solusi karena siswa merasa tidak penting untuk merencanakan penyelesaian dan menuliskan kesimpulan. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melewati model pembelajaran Anchored Instruction  secara keseluruhan menunjukkan dari 26 siswa, 9 diantaranya mencapai golongan sangat baik, 8 siswa mencapai golongan baik, 6 siswa mencapai golongan cukup, dan 3 siswa mencapai golongan kurang. Kata Kunci:     kemampuan pemecahan masalah, anchored instruction, aritmatika sosial.

Copyrights © 2019