Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 4, No 3 (2019): Agustus 2019

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa melalui Strategi REACT di SMPN 17 Banda Aceh

Rima Syafrina (Universitas Syiah Kuala)
R. M. Bambang S (Universitas Syiah Kuala)
Ellianti Ellianti (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2019

Abstract

Pembelajaran matematika bertujuan agar siswa menguasai kemampuan pemecahan masalah, mengasosiasi, mendesain model, mengerjakan model dan menyelidiki. Pemecahan masalah merupakan proses berpikir untuk memperoleh suatu masalah dan menyelesaikan dengan memanfaatkan pengalaman yang ada untuk diambil suatu kesimpulan. Kenyataannya kecakapan pemecahan masalah matematika siswa masih tergolong rendah. Upaya yang bisa ditempuh oleh guru untuk mengasah kecakapan pemecahan masalah siswa yaitu dengan menerapkan strategi REACT. Tujuan riset ini untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar melalui strategi REACT di SMPN 17 Banda Aceh. Pendekatan riset yang dimanfaatkan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek pada riset ini adalah siswa kelas VIII-1 SMPN 17 Banda Aceh yang berjumlah 27 siswa. Pengumpulan data dilangsungkan dengan tes dan wawancara. Tes dilangsungkan guna mengetahui kecakapan pemecahan masalah matematika siswa melalui strategi REACT. Wawancara dilakukan untuk mengetahui kendala yang dihadapi siswa saat memecahkan masalah. Hasil tes dan wawancara dianalisis secara deskriptif. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa terdapat di semua golongan. Kategori sangat baik dengan persentase siswa 18,52%, kategori baik 40,75%, kategori cukup 33,33%, kategori kurang 3,70% dan kategori sangat kurang 3,70%. Berdasarkan wawancara diperoleh siswa masih mengalami kesukaran dalam menyelesaikan pemecahan masalah. Kata Kunci:     kemampuan matematis, kemampuan pemecahan masalah, strategi REACT

Copyrights © 2019